Pemenang Kuis Mingguan DW, Januari 2014

DW_DRMPemenang Kuis 01/14 (30 Desember 2013-03 Januari 2014)

Kuis DW Minggu 01/14 mengetengahkan tikus, hewan yang dianggap menjijikan tapi ternyata bisa berjasa bagi manusia.

Sejak tahun 2000, di Tanzania tikus-tikus dilatih untuk melacak bahan peledak atau ranjau. Dalam perang melawan ranjau, tikus diharapkan dapat mengungguli anjing pengendus ranjau. Tikus memiliki indera penciuman amat tajam, dan hidungnya yang dekat tanah. Bobot satu kilogram yang dimiliki tikus terlalu ringan untuk memicu ledakan ranjau.

Pertanyaan: Berapa biaya yang dibutuhkan untuk melatih seekor tikus pelacak ranjau?

Jawaban: 6.000 Dollar

Yang kali ini beruntung mendapatkan souvenir dari DW:

1.Fitriana Wulandari, Merangin- Jambi

2.Edy Cahyono, Lamongan- Jawa Timur

3.Sophia Azis Taba, Gowa-Sulawesi Selatan

——————————————–

Pemenang Kuis 02/14 (6 – 10 Januari 2014)

Kuis DW Minggu 02/14 mengetengahkan tema lingkungan. Berbagai tempat di dunia tercemar berat akibat timbal, sampah kimia dan sampah elektronik. Menurut laporan racun lingkungan yayasan Green Cross, sekitar 200 juta warga di dunia terekspos langsung racun lingkungan. Indonesia juga tertera dalam laporan Green Cross ini.

Pertanyaan: Di mana tempatnya di Indonesia yang menurut Green Cross merupakan salah satu lokasi paling tercemar di dunia?

Jawaban: Pertambangan Emas di Kalimantan dan/atau Sungai Citarum

Yang beruntung mendapatkan souvenir dari DW:

1. Jeni Rahman, Jakarta

2. Ghani Yorinda, Mojokerto

3. Mukhlis, Kedung Banteng, Banyumas

——————————————–

Pemenang Kuis 03/14 (13 – 17 Januari 2014)

Kuis DW edisi minggu ini mengajak Anda untuk mengunjungi Vietnam, di mana Jerman membantu proyek pembangunan instalasi pengolahan limbah. (untuk versi mobile dapat dilihat di bit.ly/19hUsbT)

Pencemaran sungai oleh limbah pertambangan jadi masalah besar di Vietnam. Seluruh kawasan di daerah aliran Sungai Vang Danh di utara Vietnam hidup dari pertambangan batu bara. Limbahnya tanpa difilter langsung dibuang ke sungai. Sungai ini bermuara ke satu teluk yang merupakan warisan alam dunia.

Pertanyaan: Apa nama teluk yang menjadi muara Sungai Vang Danh?

Jawaban: Teluk Ha Long

Yang beruntung mendapatkan souvenir dari DW:

1. Ukhti Molyndi, Pesona Indah, Palembang

2. Aji Suseno, Kemlayan, Surakarta

3. Fitria Karunina Wibowo, Sidomukti, Salatiga

——————————————–

Pemenang Kuis 04/14 (20 – 24 Januari 2014)

Kuis DW edisi 04/14, kami memperkenalkan kepada Anda mengajak Anda serangga yang menguntungkan manusia. Salah satu serangga tersebut adalah sejenis tawon yang tubuhnya lebih besar dari tawon pada umumnya. Walaupun penampilan tawon raksasa ini menyebabkan orang takut, namun racunnya tidak seberbahaya tawon biasa. Tawon raksasa merupakan pemakan daging, setiap hari satu kelompok tawon raksasa memerlukan sekitar setengah kilogram daging.

Pertanyaannya: Apa nama latin tawon yang dimaksud di atas?

Jawaban: vespa crabro

Yang beruntung mendapatkan souvenir dari DW:

1. April Justitia

2. M. Pipih Nurjanah, Garut

3. Maysharah, Ngabang, kalimantan Barat

——————————————–

Pemenang Kuis 05/14 (27 – 31 Januari 2014)

Kuis DW edisi 05/14, kami mengajak Anda untuk mengenang bencana di Filipina November lalu dan mengenal sedikit mengenai badai angin. Topan Haiyan yang menyapu Filipina mungkin adalah angin topan terkuat yang pernah terjadi. Kecepatannya mencapai 350 km/jam.

Badai angin, seperti angin topan, taifun atau tornado memiliki kekuatan luar biasa. Dampak yang ditinggalkan adalah kerusakan dan kekacauan. Di Amerika Serikat terdapat satu wilayah yang disebut “Jalur Tornado”. Julukan ini diberikan karena kawasan ini ‘dihampiri’ tornado hingga ratusan kali dalam setahun.

Pertanyaannya: Apa nama kawasan di Amerika yang disebut sebagai Jalur Tornado?

Jawaban: Kawasan Midwest

Yang beruntung mendapatkan souvenir dari DW:

1. Tria Rizki Ardhiani, Bantul

2. Ridha Warahmah, Makassar

3. Harta Shuwanto, Tebing Tinggi

Pemenang 1, berhak mendapatkan satu iPod shuffle serta pernak-pernik DW. Pemenang 2 dan 3 masing-masing mendapatkan satu paket souvenir DW.

移动设备快速阅读本文:Pemenang Kuis Mingguan DW, Januari 2014
            请扫描二维码  -->

About mapemclub

Jayadi, A.Ma.Pd. Dilahirkan di Lombok Timur pada tanggal 16 Nopember 1971. Hobi : Korespondensi, Filateli dan menulis. Hobi mendengarkan siaran radio gelombang pendek dimulai pada akhir tahun 1994 atau awal 1995. Mendirikan Klub Pendengar (MAPEM Club) pada tanggal 16 Nopember 1994 dan mulai menerbitkan buletin (ATENSI) sejak Februari 1995. Terima kasih.
This entry was posted in DX-ers, Facebook, Forum SWL, Kliping, Kontes DX-QSL, Kuis/Sayembara and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>